diviantialfira

a bite of life

renovasi rumah

on November 25, 2011

Rumah kita sekarang, udah hampir 3 tahun kita tempatin. Dari awal beli rumah, belum pernah kita rombak2 sedikitpun. Palingan cuman pasang besi2 disekliling rumah buat keamanan dan bikin pintu buat penghalang ruang tengah dan dapur. Eh pernah juga nyopot bathtub di kamar mandi utama. hehe, berarti emang udah pernah diutak atik ya. Nah berhubung udah hampir 3 tahun nih, kita ngerasa butuh nih ngecat rumah biar kinclong lagi, secara temboknya udah pada bladus di terjang hujan dan teriknya matahari (tsaaaaaaah).

Kebetulan banget kita emang lg pesen kitchen set, dan butuh buat masang keramik dan bikin saluran buangan air serta listrik dll. Skalian aja deh, biar sekalian berantakannya. Dari awal beli rumah ini gw pgn bgt ngancurin kolam ikan beserta hiasan yg bentuknya kya tebing2 ga beraturan itu, tp pas awal2 pindah agak ga tega, soalnya mas bercita2 punya rumah yg ada kolam ikannya. Tapi ternyata setelah 3 tahun doi setuju membongkarnya (yeay!) krn menurut dia useless juga, dan nyempit2in rumah.

Nah target kerjaan max 1 minggu. haha, target ini dengan ke-sok-tau-an gw sama mas. karena kita mikirnya setiap step cuman butuh max 1 hari pengerjaan. Ga mikirin tingkat kesulitan. kya si ngancurin tebing2 itu, ternyata butuh 2 hari, buat ngancurin doang, karena ternyata keras bgt dan banyak isinya. Kita pake tukangnya mamah dari bandung, soalnya udah kenal dan terpercaya. hasil kerjanya pun selalu memuaskan.

Nah, berhubung budget terbatas, kita pgnnya seefisien mungkin tapi tetep cantik. Jadi renov kali ini garis besarnya ada beberapa kerjaan. Antara lain:

1. Ngecat (ini cuman bagian luar aja, kalo dalemnya sih masih bersih, Alhamdulillah anak2 ga suka nyoret2 di dinding dan emang diajarin kalo mau menggambar harus di kertas ato buku gambar). Ini ngerjainnya 2 hari, selain karena hujan, kita juga ngerapiin klo ada yg keliatan rusak. kya plafon ada yg keliatannya rapuh gt, jadi diganti biar sekalian rapi.

2. Hancurin si tebing2 dan kubur si kolam. rencananya kita pasangin tegel yg kasar dan tahan kena air plus ga licin biar bisa dipake anak2 main2. Ini ngerubuhinnya aja butuh 2 hari, dan brangkalnya ampe 25 karung loh. Tadinya dindingnya mau kita pasangin batu alam biar cantik. Tp inget budget! pilihannya dinding ini pake batu alam tp dinding kitchen set pake keramik biasa, atau dindingnya biasa tp si kitchen set pake mozaic. Gw pilih yg kedua, dinding kitchen set pake mozaic, karena pas jalan2 ke pangpol sempet nemu mozaic yg lucu, campuran batu alam dan kristal gt, plus warnanya pas bgt sama kitchen set yg kita pesen. Tapi kan kita ga mau juga si dinding belakang cuman gt aja, terus akhirnya kita minta di garis2in supaya ada kesan artistik (ceile), nyontek dari rumah di dekat kemang sport club pas ngajakin anak2 berenang. Kita foto, kasih liat pak ahmad, dan tadaaaa, dia bisa. hore, gw suka, jd ada aksennya deh. Plus kita pasangin lampu sorot jadi one day kalo mau BBqan bisa di situ. hihi.

ga gt keliatan ya garis2nya, abis malah kena blitz

3. Pasang keramik buat kichen set beserta saluran air dan listriknya. Sperti yg dijelasin di no 2, ini jadinya pake mozaic, which is menurut para tukang harus yg udah biasa, karena tingkat kesulitannya rada tinggi, tapi pak ahmad kan hebad.. udah pernah pasang di dapur rumah mama yg di bandung, jdnya hasilnya cantik tenan..Nah abis si mozaic ini terpasang, tiba2 mas sama gw punya ide buat ganti lampu meja makan, biar mempermanis kalo masang kitchen setnya nanti. akhirnya nemu yg kena di hati setelah muter2 di ace hardware deket rumah😀 pas udah dipasang, emang mempermanis sekali, makin keliatan cantik walopun si kitchen set belom jadi.

4. Bikin lemari buat gudang di atas buat nyimpen2 barang2 yg ga kpake. Jd ceritanya barang2 Rakha Raihan pas masih baby itu banyak bgt yg udah ga kpake, kalo baju2an sih udah hampir smua yg kekecilan dihibahkan ke yg membutuhkan, tp kalo kya carseat, terus box baby kan masih bisa dipake dan tahan disimpen tahunan. tapi kalo diletakin gt aja, jd brantakan, walopun nyimpennya di lantai 2 yg ga keliatan sapa2. tp geuleuh ah, jd kalo ada lemari kan rapi, smua dibungkus plastik masuk ke dalam lemari. Nah minta dibikinin sm pak ahmad, dan hasilnya puas. Kya lemari yg bikin di pabrik2 gt.

5. Bikin tangga kecil buat anak2 kalo mau cuci tangan di wastafel, dan bisa juga buat gw kalo mau ambil apa2 di tempat yg agak tinggi. Tdnya mau pesen skalian di kitchen set, tp harganya mahal krn jadinya kena ongkos pabrik, akhirnya minta dibuatin trus kita beli HPL sendiri dan hasilnya baguuus. Pdhl pas pasang hplnya si pak ahmad udah ngeluh2 ga bs soalnya hplnya bahannya rapuh dan hrsnya ada mesinnya yg bisa motong biar rapi, tp ditinggalin stengah hari ternyata dia berhasil. HEBAT (pukpuk pak ahmad) plus hasilnya rapi, ga tajem2 dan sukaaaaaa..

Sebenernya sih banyak kerjaan2 lain juga yg kecil2, kya benerin jemuran, tuker2 lampu, pasang aquaproof, ganti buangan wc, benerin pompa, sampe mindah2in posisi kasur. haha. total pengerjaan 15 hari, tapi aku puas. tinggal nunggu si kitchen set terpasang.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: